Sabtu, 31 Oktober 2009

Bisnis Indonesia ( 09 Nov 2008 11:47 ) Lion Air Bangun Basis Penerbangan di Malaysia

JAKARTA - Lion Air segera membuka basis (hub) penerbangan di Langkawi, Kedah, Malaysia. Maskapai penerbangan nasional itu akan membentuk maskapai bernama Lion Langkawi berkerja sama dengan mitra lokal.Lion Air berencana menggunakan pesawat terbaru Boeing 737-900ER untuk dioperasikan di negeri jiran itu, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Bila rencana ini dapat terlaksana, harapan kami dapat segera terwujud pada pertengahan tahun ini,” kata Rusdi Kirana, pekan lalu.Bila rencana ini terealisasi, lanjutnya, berarti pesawat jarak menengah generasi baru tersebut akan menjadi pesawat pertama yang dioperasikan di Malaysia.

Menurut Rusdi, Lion Air akan mengalokasikan setidaknya enam pesawat baru itu untuk tahap pertama.Maskapai swasta nasional itu sudah memesan sedikitnya 122 unit pesawat Boeing 737-900ER. Dari jumlah itu, tujuh unit sudah tiba pada 2007 dan pada tahun ini direncanakan datang lagi 12 unit. Lion Air akan menambah lagi pesanan pesawat itu saat Singapore Air Show yang digelar pada 19-24 Februari 2008.”Kami tidak akan membawa pesawat bekas ke Malaysia, tapi semua pesawat tersebut akan langsung didatangkan dari pabrik Boeing di Seattle, Amerika Serikat,”jelasnya.

Akhir bulan lalu, Rusdi berkunjung ke Kedah, salah satu negara bagian Malaysia yang terkenal dengan salah satu wilayah pariwisata terbesar yaitu Langkawi, sehubungan dengan rencana Lion Air membangun perusahaan penerbangan di Malaysia. Rusdi diundang oleh Menteri Besar Kedah, Dato’ Seri Mahdzir bin Khalid, yang menyambut positif rencana tersebut, apalagi bertepatan dengan perhelatan kepariwisataan yang sedang tumbuh pesat diwilayah yang terkenal dengan pariwisata pantai dan kulinernya tersebut.”Lion Air dengan mitra lokalnya nanti diharapkan menjadi ikon bagi wilayah ini yang memiliki potensi pasar menjanjikan,” kata Dato’ Seri Mahdzir.(hery lazuardi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar